-->

Cara membuat kode Iklan Banner Interestitial Admob untuk Aplikasi Android

Cara membuat kode Iklan Banner Interestitial Admob untuk Aplikasi Android. Bagi kita yang ingin memperoleh penghasilan dari internet bisa mencoba membuat blog, Youtube dan juga aplikasi android untuk dapat di monetisasi oleh Google Adsense. Secara khusus untuk aplikasi android kita hanya dapat memasang iklan melaui Admob.

 Admob adalah salah satu platform besutan google yang canggih sehingga dapat digunakan oleh developer android untuk memonetisasi aplikasi. Admob dapat memaksimalkan penghasilan dari iklan atau pun pembelian dalam aplikasi. Tutorial admob yang membahas akun admob anda dapat membaca pada artikel kami tentang Mengenal Akun Admob untuk Seorang Developer Android.

Anda cukup mendaftar ke admob kemudian menggunakan SDK iklan seluler Google dan menempatkan pada aplikasi dengan beberapa baris kode saja. SDK iklan seluler Google sangat penting di terapkan dalam aplikasi karena jika tidak maka iklan admob tidak muncul di aplikasi.

Jika anda telah mengetahui cara membuat unit iklan admob dapat langsung memasang pada aplikasi android anda. Untuk tutorial admob cara pemasangan iklan banner Admob, anda dapat membaca artikel kami mengenai  Cara Memasang Iklan Banner Admob pada aplikasi dengan Android Studio.

Jenis Iklan Admob

Jika kita ingin menayangkan iklan pada aplikasi android maka kita harus mengetahui cara membuat unit iklan admob. Ada tiga jenis iklan admob yang dapat kita gunakan untuk menghasilkan pendapatan dari aplikasi android.

Jenis iklan admob antara lain iklan banner, iklan interstitial dan iklan Video Reward. Iklan banner merupakan jenis iklan admob yang berbentuk persegi panjang yang akan di tampilkan dalam beberapa durasi waktu yang telah kita atur. Untuk tutorial admob penggunaan iklan banner anda bisa membaca artikel kami mengenai Cara Memasang Iklan Banner Admob pada aplikasi dengan Android Studio.

Iklan Interstitial merupakan jenis iklan admob layar penuh yang hanya dapat ditampilkan pada titik transisi dalam aplikasi android. iklan interstitial dapat meningkat penghasilan anda.

Sedangkan untuk jenis iklan admob Video reward merupakan iklan admob yang memiliki format video yang berfungsi untuk memberikan reward atau bonus pada pengguna setelah berhasil menonton video reward tersebut.

Cara membuat akun Admob

Apabila anda saat ini merupakan pemula yang belum mengetahui cara membuat akun admob bisa mengikuti beberapa langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Admob kemudian pilih Sign Up for AdMob
  2. Isi data anda berupa nama negara, waktu, tempat tinggal serta mata uang negara.
  3. Setelah anda selesaikan mengisi seluruh data maka kita diingatkan kembali untuk meninjau dan menyetujui kebijakan Google Adsense. Klik tanda centang yang ada jika anda setuju dengan kebijakan Google Adsense.
  4. Jika sudah anda akan diperhadapkan dengan melalkukan verifikasi data melalui no HP yang telah anda isi pada form pengisian di atas.
  5. Apabila berhasil akun anda sudah siap menayangkan iklan tanpa harus menunggu approve dari Google Adsense.  Langkah selanjutnya anda bisa membuat unit iklan admob.

Cara membuat Iklan Banner Interstitial

Pada dasarnya jenis iklan admob yakni Banner, Interstitial dan Video reward sama saja dalam membuat unit iklan yang akan kita terapkan pada aplikasi.

Bila anda telah memiliki akun iklan admob,  saatnya anda harus mengetahui cara membuat unit iklan admob. Berikut ini tutorial admob yang akan kami berikan untuk anda mengenai cara membuat unit iklan admob yaitu sebagai berikut:


  1. Pada menu sebelah kiri anda pilih tab menu aplikasi, kemudian klik tulisan "Tambah Aplikasi".
  2. Setelah muncul tampilan "Menyiapkan aplikasi baru" akan muncul pertanyaan "Apakah aplikasi Anda telah dipublikasikan di Google Play atau App Store?" pilih jawaban tidak.
  3. Masukkan nama aplikasi anda.
  4. Centang jenis aplikasi anda yakni android.
  5. Apabila berhasil, Selanjutnya anda dapat melanjutkan membuat iklan Banner dan Iklan Interstitial.
  6. Pilih Tambahkan Unit Iklan. anda bisa melihat 3 jenis unit iklan admob yang tersedia. lanjut untuk memilih iklan banner dengan klik Pilih.
  7. Masukkan nama iklan banner, misalnya saja nama unit iklan adalah banner_ball.
  8.  Setelan lain dari iklan banner yakni Jenis iklan telah dicentang secara otomatis. Begitu pula penyegaran otomatis telah di centang Dioptimalkan oleh Google.
  9. Jika selesai klik "Buat Unit Iklan".
  10. Apabila kita telah selesai membuat iklan banner dapat melanjutkan membuat unit iklan yang lain seperti Iklan interstitial dan Video Reward dengan klik "Buat Unit Iklan Lainnya".
Perlu anda ketahui bahwa unit iklan admob yang baru membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk dapat tayang pada aplikasi. Sebaiknya anda menguji semua jenis iklan admob dengan iklan uji yang di sediakan oleh admob. 

Hal ini kita lakukan agar tidak terjadi klik iklan sendiri atau invalid karena melanggar kebijakan program Google Adsense. Dampak dari kejadian ini akan membuat akun admob anda dapat di banned sehingga iklan admob tidak muncul di aplikasi.

Unit iklan admob yang dapat anda pergunakan untuk uji coba dapat lihat sebagai berikut:

Banner ca-app-pub-3940256099942544/6300978111
Interstitial ca-app-pub-3940256099942544/1033173712
Rewarded Video ca-app-pub-3940256099942544/5224354917

Demikian tutorial dari versisdk mengenai Cara membuat kode Iklan Banner Interestitial Admob untuk Aplikasi Android, semoga dapat bermanfaat.

tag: #cara membuat unit iklan admob, berapa penghasilan dari admob, aplikasi android untuk membuat iklan, jenis iklan admob, trik admob, cara pasang admob di aplikasi android, iklan admob tidak muncul di aplikasi, tutorial admob

Share this with short URL:

Anda mungkin suka ini:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser