-->

Generate Signed APK Cara membuat Penandatanganan di Android Studio

Generate Signed Apk, Cara Membuat penandatanganan aplikasi dengan menggunakan Android Studio. Setiap aplikasi android yang ingin di publikasi ke play store harus di Generate dan di tandatangani oleh si pemilik. Kemudian barulah dapat di upload dan di publikasi melalui akun google play.

Sebenarnya aplikasi yang kita kerjakan melalui android studio dapat langsung di install pada HP android, hanya dengan build apk(s). Namun jika berencana untuk di publikasikan maka harus dilakukan Generate Signed Apk.

Ini menunjukan bahwa setiap aplikasi android dapat dikenali pemiliknya.

Jika Anda telah menyelesaikan pengembangan Aplikasi Android Anda dan sekarang ingin mempublikasikannya di Playstore. Maka langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah menghasilkan apk yang sudah ditandatangani di Android Studio.

Baca Juga : Mengganti (Refaktor) Package Name Aplikasi di Android Studio

Dalam tutorial ini saya akan membahas cara menghasilkan apk yang ditandatangani di Android Studio untuk menerbitkan Aplikasi baru dan juga untuk memperbarui Aplikasi yang ada di Playstore.

Catatan Penting: Untuk mempublikasikan App menghasilkan apk yang ditandatangani adalah wajib karena Anda tidak dapat mempublikasikan file apk build normal di Playstore.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Langkah 1: Pilih menu Build dan klik sub menu Generate Signed APK
Langkah 2: Android Studio sekarang akan membuka kotak dialog. Klik Berikutnya.
Langkah 3: Sekarang Anda perlu membuat jalur Keystore. Klik Create New.
Langkah 4: Sekarang temukan jalur penyimpanan kunci di sistem Anda di mana Anda ingin menyimpan file jks proyek Anda. Klik lokasi penyimpanan pada komputer anda pada pojok kiri atas.
Langkah 5: Setelah menemukan tempat penyimpanan pada sistem Anda, berikan nama apa pun ke file jks yang akan dibuat dan klik ok.

Langkah 6: Isi detail lainnya dan klik ok. Misalnya Anda bisa merujuk ke gambar di bawah ini:



Langkah 7: Klik next.
Langkah 8: Sekarang edit folder tujuan dari file apk yang sudah ditandatangani, pilih jenis build dan pilih versi tanda tangan. Akhirnya klik Selesai:

Catatan Penting:
Mengenai versi tanda tangan, Anda dapat mempertimbangkan V2 (Full APK Signature) karena menawarkan waktu pemasangan aplikasi yang lebih cepat dan perlindungan lebih dari perubahan tidak sah ke file APK. Jika Anda menghadapi masalah, Anda dapat mempertimbangkan skema penandatanganan V1 (JAR Signature), yang menggunakan penandatanganan JAR.

Langkah 9: Sekarang Anda dapat menggunakan apk yang sudah ditandatangani ini untuk mempublikasikan aplikasi di Playstore melalui konsol pengembang Anda.

Catatan Penting 1:
Setelah Anda menghasilkan apk yang ditandatangani, sangat penting untuk menjaga file jks tetap aman. Jika Anda kehilangan itu maka Anda tidak akan dapat mengirim pembaruan masa depan ke Aplikasi Anda.

Catatan Penting 2:
Pastikan untuk menyimpan Keystore dan kata sandi kunci yang disimpan di suatu tempat bersama Anda. Jika Anda kehilangan atau melupakannya maka Anda juga tidak akan dapat mengirim pembaruan baru untuk Aplikasi Anda.

Cara Menghasilkan Aplikasi yang Ditandatangani Untuk Memperbarui Aplikasi yang Sudah Ada di Playstore Di Android Studio:


Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghasilkan apk yang ditandatangani untuk memperbarui Aplikasi Android yang sudah ada di PlayStore:

Langkah 1: Buka file build.gradle (Modul: app) dan tingkatkan kode versi dengan 1 dan ubah nama versi sesuai dengan kebutuhan Anda

Langkah 2: Klik Sinkronkan Sekarang
Langkah 3: Setelah sinkronisasi selesai. Pilih Menu Build dan  klik Generate Signed APK..

Langkah 4: Sekarang klik Berikutnya

Langkah 5: Klik pilih yang ada ... dan temukan keystore Aplikasi di sistem Anda.
Langkah 6: Masukkan kata sandi penyimpanan Kunci, alias kunci dan kata sandi kunci yang Anda buat saat membuat file jks

Langkah 7: Sekarang edit folder tujuan dari file apk yang sudah ditandatangani, pilih jenis build dan pilih versi tanda tangan. Akhirnya klik Selesai:

Selesai menghasilkan studio android apk yang sudah ditandatangani

Langkah 8: Sekarang Anda dapat menggunakan apk bertanda ini untuk memperbarui aplikasi yang ada di Playstore melalui konsol pengembang Android Anda.

Demikianlah postingan kami mengenai  Generate Signed APK Cara membuat Penandatanganan di Android Studio, semoga dapat bermanfaat.

Share this with short URL:

Anda mungkin suka ini:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser