-->

Akun Admob untuk Seorang Developer Android

Bagi seorang developer android sangat berharap jika aplikasi yang telah dikembangkan dapat dimonetisasi oleh Google Adsense dan juga memperoleh penghasilan dari admob. Oleh karena itulah maka kita harus bisa memiliki akun tersebut dimana terlebih dahulu harus di approve oleh google Adsense melalui akun AdMob. Dan dari ke semua monetisasi yang ada pada Google Adsense, Admob terbilang sangat gampang untuk langsung di Approved.

Beda hal jika kita menggunakan monetisasi melalui Youtube atau Blogger, untuk memiliki akun Google Adsense  melalui Admob kita tidak akan melalui tahapan review. Itu artinya cara menjadi publisher di admob tidak sulit karena iklan langsung bisa tayang di aplikasi android tanpa menunggu review aplikasi.

Namun perlu kita ingat bahwa Google telah memberlakukan aturan sendiri (TOS) untuk bisa menampilkan iklan pada aplikasi android. Aturan tersebut dapat anda lihat pada artikel ini.
Sehingga memonetisasi aplikasi perlu juga berhati-hati jangan sampai anda melanggar TOS dari Admob dan akun beserta aplikasi yang anda miliki keburu di banned. Kasus seperti ini akan menjadi hal terburuk apabila terjadi. Bisa dibayangkan saja kita telah membuat aplikasi dengan susah payah dan pada akhirnya akun admob di banned.

Mengenal Akun Admob

Membahas tentang Monetisasi oleh Google Adsense, untuk Youtube saja sekarang telah diberlakukan ketentuan agar dapat disetujui dan memasang iklan harus memiliki 10.000 view pada Channel Youtube. Ini tergolong sulit bagi para pemula (newbie) untuk mendapatkan akun Google Adsense melalui Youtube.

Beda halnya dengan Youtube, blog disini terbilang lebih sulit lagi untuk mendapatkan akun Google Adsense. Seorang blogger harus menyediakan konten artikel yang asli dan original untuk bisa di monetisasi Akunnya. Akun Google Adsense sendiri terbagi menjadi 2 yaitu Google Adsense hosted dan Google Adsense Non Hosted.

Berikut penjelasanya Mengenai Akun Google Adsense

Bila kita telah mempunyai akun google dan login dengan menggunakan email akan banyak tersedia produk-produk yang diberikan oleh google. Mulai dari Google DriveYoutubeBlogger, gmail, Google+, Maps, Playstore dan masih banyak lagi. Salah satu produk yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang yakni Google Adsense. Setelah memiliki akun GA anda di pastikan memiliki penghasilan dari Admob. Hanya saja untuk memiliki akun yang telah disetujui itu tidaklah mudah karena melalui proses yang cukup rumit. Google Adsense mempunyai 2 jenis akun yang dapat kami paparkan sebagai berikut:

1. Google Adsense Hosted 

Secara umum Google Adsense Hosted hanya dapat menampilkan iklan pada produk-produk google antara lain Youtube,  Blogger dan juga Admob. Diluar itu maka dipastikan iklan tidak bisa tayang dan hanya menyajikan ruang kosong atau blank. Akun hosted untuk Youtube dan Blogger tidak dapat menampilkan iklan secara bersama-sama. Maksudnya adalah jika anda di approve melalui Channel Youtube maka akun anda tidak bisa di pasangkan iklannya pada blogspot. Hal ini dapat dilakukan jika anda memberikan blog yang telah memiliki domain TLD dan di upgrade ke Akun Non Hosted.

Begitu juga apabila akun anda di approve dari blog maka iklannya tidak bisa langsung di pasang pada Channel Youtube. Anda perlu memiliki Channel Yotube yang setidaknya memiliki 10 ribu view pada channel video.

2. Google Adsense Non Hosted

Untuk kategori berikutnya ini sangat baik lagi untuk segera dimiliki. Namun jangan kira akun ini dapat dengan mudah untuk di approve. seperti yang sudah kami jelaskan diatas bahwa akun Non Hosted dapat disetujui sepenuhnya melalui situs atau blog kita.  Jadi anda harus menyediakan

Google Adsense Non Hosted merupakan jenis akun yang sangat di idam-idamkan untuk bisa memonetisasi semua produk google bahkan yang bukan dari google seperti Wordpress. Jenis akun ini dapat dipasang di semua blog entah itu blogspot atau pun Wordpress. Bukan hanya blog saja yang dapat dipasang tetapi kita juga dapat memonetisasi Channel Youtube serta memonetisasi Aplikasi Android yang telah kita kembangkan.

Apa itu google admob

Perlu kita ketahui bahwa akun Admob adalah jenis akun dari Google Adsense yang di khususkan menampilkan iklan pada Aplikasi Android sehingga selain dari itu iklan admob tidak muncul. Hal ini membuat iklan Admob tidak akan bisa kita pasang pada blog atau pun Youtube karena penerapan iklan admob terbilang sulit dibandingkan memasang pada blog. Namun anda bisa belajar admob bersama dengan kami pada blog ini untuk dapat memonetisasi aplikasi android dengan iklan Admob sehingga anda memperoleh penghasilan dari admob.

Pada akun Admob memiliki 3 jenis iklan yang dapat kita terapkan pada aplikasi sehingga kita dapat memonetisasi dan dapat memperoleh penghasilan dari admob. Anda dapat mengenal akun Admob melalui ketiga jenis iklan yang akan kami jelaskan sebagai berikut :

1.  Iklan Banner. 

Iklan ini termasuk jenis iklan persegi panjang yang bisa kita pasang pada bagian bawah atau bagian atas aplikasi. Anda dapat membaca secara lengkap cara pasang iklan banner Admob.

2. Iklan Interstitial/Pengantara. 

Iklan ini merupakan iklan layar penuh yang tampil pada saat transisi dari aktivitas satu ke aktivitas yang lain. Ini artinya iklan hanya boleh kita terapkan saat berada pada titik peralihan dari activity. Lebih jelasnya anda dapat membaca secara lengkap cara memasang iklan interstitial di Android Studio.

3.  Video Reward. 

Salah satu jenis ini memiliki syarat yang cukup sulit untuk bisa diterapkan pada Aplikasi. Ini karena jenis iklan video reward hanya bisa di monetisasi pada aplikasi yang berbentuk game. Tujuan dari pemasangan video reward adalah memberikan bonus atau reward pada pengguna berupa koin setelah pengguna berhasil menonton video hingga selesai.

Jadi perlu kita cermati iklan video reward hanya bisa di pasang pada game yang menerapkan sistem koin pada aplikasinya. Penjelasan secara terperinci anda dapat membaca artikel kami mengenai cara memasang video reward pada aplikasi game dengan Android Studio.

Ketiga jenis unit iklan admob harus menerapkan SDK versi terbaru karena jika tidak maka iklan admob tidak muncul di aplikasi.

Demikian penjelasan kami mengenai Akun Admob untuk seorang developer Android semoga bermanfaat karena cara menjadi publisher di admob itu mudah.

Share this with short URL:

Anda mungkin suka ini:

Oldest Post
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser
Oldest Post