-->

Mengganti Refactor Package Name Aplikasi di Android Studio

Mengganti atau Refactor Package Name Aplikasi di Android Studio. Package Name adalah identitas sebuah aplikasi android sebagai pengenal saat di distribusi pada pasaran Play Store dan saat di install pada smartphone atau Tablet. Package name android sama dengan alamat pada sebuah situs website.

Nama dari aplikasi boleh saja sama tetapi package name yang menjadi pembeda masing - masing aplikasi. Oleh sebab itu rencanakan package name aplikasi yang unik sebelum diluncurkan menjadi APK dan di publikasi pada Google play.

Apabila anda memiliki template project aplikasi android dan ingin membuat lebih dari satu aplikasi maka anda dapat mengganti package name dan nama aplikasinya. Struktur dari template bisa kita abaikan saja karena jika membangun dari awal butuh waktu lama dan beberapa penyesuaian.

Baca juga : Cara membuat webview menggunakan Android studio

Pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan cara untuk mengubah package name dari aplikasi android silakan simak secara seksama.

Mengganti Package Name di Android Studio

Menurut para pakar developer android, package name harus sesuai dengan judul aplikasi. Misalnya kita akan membuat tutorial tentang Masakan maka package name harus com.versisdk.masakan agar sesuai dengan judul aplikasi.

Saran kami jangan membuat package name yang tidak sesuai dengan judul dan deskripsi aplikasi. Contoh yang keliru jika anda menggunakan com.versisdk.hanyakamuseorang. Ini merupakan hal yang tidak nyambung dengan judul aplikasi tentang tutorial masakan.

Oleh sebab itu, perlu riset terlebih dahulu, judul, package name, dan deskripsi meta aplikasi pada google play sehingga aplikasi kita berada pada urutan pertama. Ini sama dengan artikel blog, Aplikasi perlu dilakukan riset terlebih dahulu agar menduduki peringkat pertama pada play store.

Rename Sub Kategori Package Name

Apabila anda telah mempunyai template yang telah di desain dengan baik maka kita bisa pergunakan untuk banyak aplikasi. Cukup ubah saja judul aplikasi dan juga package name agar memiliki banyak aplikasi android.

Oleh sebab itu, anda hanya perlu mengetahui cara mengganti package name aplikasi dengan menggunakan android studio. Berikut ini langkah-langkah yang dapat anda lakukan dengan merename sub kategori:

  1. Run aplikasi android anda hingga Gradle build selesai.
  2. Pilih project file android pada tab sebelah kiri atas.
  3. Pilih gerigi yang ada di tab dan hilangkan centang pada "Compact Empty Middle Package" Sehingga sub kategori akan terlihat dan terpisah java → com → versisdk → masakan.

Pada langkah di atas kita sudah memisahkan masing -masing sub kategori package name. Anda hanya mengganti masing-masing sub kategori. Contohnya kita akan membuat tutorial Hijab sehingga PackageName adalah com.versisdk.hijab.

Oleh karena itu, sebagai contoh kasus ini kita hanya mengganti sub kategori masakan menjadi hijab. Langkah- langkah sebagai berikut:
  1. Klik kanan pada sub kategori masakan.
  2. Pilih Refaktor kemudian Rename.
  3. Pada pop up yang muncul silakan pilih Rename package
  4. Pada kotak isi Rename, masukan nama sub kategori Hijab kemudian centang "Search in comments and settings" dan "Search for text occurrences".
  5. Setelah itu anda tinggal menekan tombol Refaktor yang berwarna biru.
  6. Apabila masih muncul peringatan di bawah direcotry to be renamed to ... Pilih saja Do Refaktor kemudian tunggu hingga proses selesai

Jika anda ingin mengganti sub kategori yang lain seperti com versisdk maka bisa mengikuti tutorial yang sama di atas.

Baca juga : Pasang iklan Pribadi pengganti Banner Admob Saat Mode Offline

Mengatasi Error Refaktor Package Name

Terkadang saat mengganti PackageName sering muncul error. Kesalahan tersebut muncul apabila anda menautkan aplikasi ke Firebase. Error yang muncul seperti berikut :

Error:Execution failed for task ':app:processDebugGoogleServices'.
> No matching client found for package name 'com.versisdk.masakan'

Error tersebut muncul dikarenakan file google-service.json yang kita download dari akun console firebase masih menggunakan PackageName yang lama. Oleh sebab itu anda harus mengganti juga agar pada saat build tidak muncul kesalahan.

Agar dapat mengatasi permasalahan di atas maka anda harus melakukan rename package name seperti berikut:

Pilih Project app google-service.json
silakan cari package name yang lama dan ganti dengan package_name yang baru.
Jika anda sudah melakukan rename package_name lanjutkan dengan Build - Clean Project

Demikian dulu artikel kami mengenai Mengganti (Refaktor) Package Name Aplikasi di Android Studio semoga dapat bermanfaat.

Share this with short URL:

Anda mungkin suka ini:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser