-->

Leaderboard Game : Penerapan di Games menggunakan Android Studio

Menerapkan ID Leaderboard pada game Android dengan menggunakan Software Android Studio. Leaderboard games adalah urutan suatu jenjang score atau point yang di mulai dari peringkat pertama hingga paling akhir yang di tampilkan pada game android. Anda dapat memasang ID Game sehingga akan muncul urutan peringkat oleh seluruh pengguna aplikasi game anda.

Pada tutorial kali ini kami beranggapan bahwa anda sudah memiliki sebuah project aplikasi Game Android namun belum bisa menerapkan atau memasang ID Game pada Project Game dengan Android Studio.

Kali ini kami akan menjelaskan prosedur pemasangan ID Leaderboard Game yang telah anda buat pada Developers Console. Apabila anda belum mengetahui cara membuat Layanan Game pada Google Play dapat membaca pada artikel kami mengenai Cara Membuat leaderboards dan Achievement Pada Google Play.


#1 Membuat Layanan leaderboard Game

  1. Buka akun Developers Console, dan setelah itu pilih tambah papan peringkat baru.
  2. Pastikan Anda memahami konsep Leaderboards di Android dan di Google Play Game. Anda dapat membaca tutorial seacara lengkap di situs resmi google play game services
  3. Masukkan rincian untuk papan peringkat utama Anda. Untuk contoh kode, kami menggunakan nama "Game_Ball"  dan pilih Lebih Kecil Lebih Baik di Bagian Pengurutan.
  4. Di bagian Pengujian untuk aplikasi Anda di Developer Console, Anda dapat menambahkan akun yang akan ada akses yang diberikan untuk menguji permainan. Secara default, Anda akan melihat email akun Google Play Anda yang sudah terdaftar.
  5. Dengan email tersebut anda dapat menggunakannya untuk menguji aplikasi anda. Apakah dalam versi Beta ataukah versi Alpha.
  6. Setelah selesai memasukkan semua data yang ada silakan tekan tombol simpan
  7. Anda akan kembali ke menu Papan Peringkat.
  8. Jika berhasil maka akan muncul ID Game, Klik link yang bertuliskan "Dapatkan sumber daya".
  9. Silakan salin seluruh tulisan yang ada pada tab android. Nantinya anda akan paste ke games_id.xml

#2 Memasang ID  Aplikasi pada games_id.xml

Pada point di atas kita telah menyalin seluruh listing ID game dan saatnya untuk melakukan pemindahan data (paste) ke project game kita di android studio. Anda harus tambahkan terlebih dahulu ID untuk aplikasi dan papan peringkat utama. Buka atau buat baru games_id.xml pada File : res / values / games_id.xml.

Perhatikan contoh penempatan ID game yang telah kami copy pada sumber daya:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<resources>
  <string name="app_id">990009498421</string>
  <string name="leaderboard_game">CgkItbaoiegcEAIQAQ</string>
</resources>


Jika kita lihat contoh di atas terdapat dua ID yang kita peroleh dari layananan game pada menu Papan Peringkat yakni ID aplikasi dan ID leaderboard_game. ID Aplikasi akan sama dengan ID yang akan kita gunakan untuk Leaderboards atau pun penerapan pada Achievement.

Agar pengguna dapat terhubung dengan layanan Google  Play Game anda perlu juga memasukkan ID Leaderboard dalam biner. Jika perhatikan contoh di atas terlihat bahwa ID Leaderboard_game yakni CgkItbaoiegcEAIQAQ.


#3 Memasang Pada Button

Untuk mengakses leaderboards atau papan peringkat kita harus menyiapkan sebuah tombol agar pengguna dapat melihat hasilnya. Berikut contoh listing programnya pada class java, dimana contohnya kami letakkan pada MainActivity.class.

btnHighscore.setOnClickListener(new OnClickListener() {
@Override
public void onClick(View arg0) {


final AlertDialog.Builder menuAleart = new AlertDialog.Builder(Score.this);
final String[] menuList = { "Global Score", "Your Local Score" };
menuAleart.setTitle("Scoreboard");
menuAleart.setItems(menuList, new DialogInterface.OnClickListener() {
public void onClick(DialogInterface dialog, int item) {
switch (item) {

case 0:

if (mclient.isConnected()) {

       startActivityForResult(Games.Leaderboards.getLeaderboardIntent(
       getApiClient(), getString(R.string.leaderboard_game)),1);
        }

break;

case 1:

          Intent i = new Intent(Score.this, Highest_Score.class);
          startActivity(i);
          break;
           }

       }

     });
       AlertDialog menuDrop = menuAleart.create();
       menuDrop.show();
    }
  });


Ingat bahwa anda perlu juga menghubungkan project game anda dengan GoogleApiClient. Input juga perintah GoogleApiClient agar selalu terhubung dengan layanan game.

Jika tidak maka akan ada kesalahan dan layanan game anda tidak akan terkoneksi dengan proyek game Android anda. berikut ini perintah yang anda harus masukkan

GoogleApiClient mclient;


#4 Menyimpan Score


Saat Pengguna game telah menyelesaikan sebuah misi atau tantangan dalam game akan ada Score yang mereka peroleh. Di beberapa Game mungkin menerapkan sistem point. Oleh karena itu, untuk menyimpan score atau point dibutuhkan perintah tambahan lagi agar bisa tersimpan di layanan Game Google.



if(mclient.isConnected())
   {
 Games.Leaderboards.submitScore(getApiClient(),
  getString(R.string.leaderboard_game),
  Long.valueOf(score));
  }
}


Demikian dulu tutorial kami kali ini semoga dapat membantu anda untuk menerapkan leaderboard game pada aplikasi game anda.

Share this with short URL:

Anda mungkin suka ini:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser