-->

Toko Online : Membuat aplikasi shop Android dari Platform Wordpress

Membuat Aplikasi Toko Online Android dari Platfrom Wordpress » Di era yang serba gadget ini, jual beli online sudah menjadi trends massa kini. Keadaan ini membuat banyak kalangan mulai dari remaja hingga orang tua senang dengan online shop murah. Itu artinya, dengan situasi seperti ini banyak yang mulai terjun membuka usaha jual beli online.

Hal ini mendorong banyak yang mulai melirik berjualan barang secara online. Kebanyakan pebisnis yang berkecimpun di usaha ini menitipkan barangnya di toko online terpercaya seperti : Tokopedia, Bukalapak, JD.ID, Shopee, dll. Dimana toko online ini sudah memiliki Aplikasi android yang memiliki banyak pengguna di Indonesia.

Namun banyak juga yang selain berjualan di salah satu toko online terpercaya tersebut, juga membuka toko online dengan menggunakan website untuk mempromosikan barang jualannya. Hal seperti ini dilakukan dengan memasang foto atau gambar yang keren untuk menarik perhatian pengunjung.

Dengan menjamurnya Smartphone di semua kalangan maka ada baiknya anda yang sudah memiliki toko online supaya dapat mengkonversinya ke bentuk aplikasi Android. Bagaimana apa anda tertarik untuk mencoba bikin aplikasi online shop.

Membuat Aplikasi Toko Online Android


Tutorial kali ini kita akan bikin aplikasi online shop dengan custom dari Web yang menggunakan platfrom Wordpress. Yah, jika anda sudah memiliki toko online dengan menggunakan Wordpress, saatnya anda konversi ke dalam bentuk aplikasi Android.

Demo Web Wordpress: Online Shop


Demo Aplikasi Android: Online Shop


Download Aplikasi Online Shop


Aplikasi Toko Online ini bernama ModernShop yang dapat anda download melalui link yang telah kami bagikan di atas. Sayangnya untuk source kodenya tidak gratis alias berbayar sebesar $29 atau sekitar Rp 400.000. Namun jika anda berminat untuk sorce kode ini kami bisa membagikan untuk anda dan silakan Hubungi Kami.

Aplikasi ini bekerja di bawah platfrom Wordpress dimana anda harus menginstall salah satu plugin WooCommerce. Plugin WooCommerce sangat berperan penting untuk mengubah tampilan web wordpress menjadi sebuah toko online. Setelah anda menginstall plugin WooCommerce maka anda bisa langsung memasukkan produk-produk yang siap di jual.

Bagi anda yang serius untuk membuat aplikasi toko online tersebut tidak akan rugi karena source kode yang ada tidak perlu mahir coding. Petunjuk penggunaan yang di kemas bersama-sama sudah sangat lengkap. Kami sendiri sudah mencoba bikin aplikasi online shop tersebut dan hasilnya sangat memuaskan dan sama seperti aplikasi toko online yang sudah populer.

Aplikasi ini menjadi salah satu alasan yang kami anjurkan untuk anda karena aplikasi toko online ini mendukung pemasangan iklan banner Admob dan juga iklan interstitial Admob.

Mau mencoba silakan anda simak terlebih dahulu beberapa kelebihan yang bisa jadi pertimbangan anda untuk membuat aplikasi toko online ini.

Beberapa kelebihan dari aplikasi toko online (Modern Shop)

Ada beberapa kelebihan yang dapat anda peroleh jika membuat aplikasi toko online ini di antara lain:

1. Kompatibel 100% dengan plugin Woocommerce

Dalam pembuatan toko online kebanyakan yang menggunakan salah satu plugin Shopyakni woocommerce. Yah, plugin ini sangat populer di kalangan template wordpress yang di ubah menjadi toko online. Bila anda ingin membuat aplikasi online maka plugin ini tidak akan bermasalah pada aplikasi android.

Selain itu, dukungan 100% untuk penggunaan Kupon, Pajak, Pajak Berganda, Pengiriman Gratis. Dukung semua jenis produk di woocommerce: Produk sederhana, produk Berkelompok, produk Eksternal / Afiliasi, Produk Variabel, Dukungan Review, Komentar, Penilaian produk dari App Mobile

2. Pembayaran sinkron otomatis dari toko woocommerce Anda ke aplikasi seluler: 

Jika toko Anda mengaktifkan metode pembayaran apa pun dari woocommerce, maka toko online akan segera menampilkan dan bekerja di aplikasi seluler Anda. Jika Anda menonaktifkan / menghapus metode pembayaran dari woocommerce, maka sistem akan segera disembunyikan dari aplikasi toko online.

3. Metode pengiriman sinkron otomatis dari toko woocommerce Anda ke aplikasi toko online.

Jika toko Anda mengaktifkan, membuat serta membuka metode pengiriman apa pun dari woocommerce, maka sistem akan segera menampilkan dan bekerja pada aplikasi seluler pelanggan. Jika Anda menonaktifkan / menghapus metode pengiriman apa pun dari woocommerce, mereka akan segera disembunyikan di aplikasi seluler Anda.

4. Push Notification dari situs Wordpress

Anda dapat mengirimkan pemberitahuan ke produk, kategori ... Jadi Ketika pengguna mendapatkan notifikasi, mereka akan mengklik notifikasi untuk membuka aplikasi untuk melihat produk di aplikasi Anda ( sangat sederhana dan sangat bagus untuk pemasaran )

5. Memberikan izinkan checkout Tamu atau Pelanggan (login) checkout


 Urutan Pesanan, membatalkan Pesanan, melacak Pesanan Negara dari sistem aplikasi seluler. Bookmark produk, Kelola bookmark dari Aplikasi Mobile Pengguna.

6.  Kategori Tak Terbatas, Subkategori 


Filter menurut fitur Produk (data dinamis dari apl ke aplikasi seluler), harga ... Urutkan dari laman Kategori.

7.  Hubungi kami melalui formulir

Pesan untuk dikirim ke admin toko. Tersedia Sinkron untuk Harga, Harga Diskon, Gambar untuk setiap Produk App Rating di Google Play atau Apple Store


8.  Tentang kami, Terms of Use, halaman kebijakan Privasi


Izinkan mengedit konten ada pada halaman dari Wordpress , sehingga Anda dapat mengubahnya kapan saja

9.  Pengguna dapat mendaftar langsung dari aplikasi

Masuk / Daftar, Perbarui Profie dari aplikasi seluler
Mendukung Pull-to-refresh untuk memuat ulang produk
Dilengkapi dengan pengaktifan GPS berbasis lokasi (negara, kota, alamat)
Dapat melakukan Zoom +/- gambar produk saat melihat Detail Produk

Jika anda tertarik bikin aplikasi online shop dengan project di atas maka beberapa pengaturan harus di lakukan pada web anda. Kami anjurkan melakukan backup Wordpress anda sebelum melakukan pengaturan agar dapat terhubung ke Aplikasi.  Backup sangat penting karena jika terjadi masalah pada web anda bisa mengembalikan ke semula.

Berikut ini beberapa pengaturan penting pada Web Wordpress anda agar terkoneksi dengan aplikasi toko online ModernShop.

Install dan Setting Wordpress

Apabila anda baru pertama kali ingin bikin aplikasi online shop install terlebih dahulu Wordpress pada Cpanel Hosting anda. Sebaiknya gunakan hosting yang terpercaya agar web anda tidak lambat saat banyak pengunjung yang datang untuk membeli. 

1. Setting Permalinks

Sebaiknya anda mengubah permalink wordpress anda dengan masuk ke Admin kemudian pilih Pengaturan -> Permalinks dan pilih Tanggal dan Nama.


2. Install Plugin Wordpress

Ada beberapa rekomendasi plugin yang harus anda install agar aplikasi dapat berjalan dengan baik. Plugin tersebut sudah lengkap pada folder yang anda download. Anda harus install satu persatu plugin tersebut mulai dari:

a. WooCommerce
a. jwt-authentication-for-wp-rest-api.zip
b. mobiconnector.zip
c. versisdkshop.zip
d. post-views-counter.zip
e. wooconnector.zip
f. woo-slider.zip
g. wp-user-avatar.zip

3. Pengaturan pada Plugin  jwt-authentication-for-wp-rest-api

langkah pertama: modifikasi file .htaccess anda yang berada pada hosting Wordpress dengan menambahkan script seperti berikut:

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
RewriteCond %{HTTP:Authorization} ^(.*)
RewriteRule ^(.*) - [E=HTTP_AUTHORIZATION:%1]
</IfModule>

SetEnvIf Authorization "(.*)" HTTP_AUTHORIZATION=$1

# END WordPress

Langkah kedua : modifikasi lagi script wp-config.php, kemudian tambahkan script berikut pada baris ke 20 :

define('JWT_AUTH_SECRET_KEY', 'your-top-secrect-key');
define('JWT_AUTH_CORS_ENABLE', true);


Anda bisa download aplikasi online shop yang telah kami kembangkan juga sebagai contoh dalam tutorial kali ini, klik disini.

Demikian dulu tutorial kami kali Membuat Aplikasi Toko Online Android dari Platform Wordpress, jika merasa kesulitan untuk bikin aplikasi online shop bisa memberikan kami komentar.

Share this with short URL:

Anda mungkin suka ini:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser